Husada Rally 2009

1. PENDAHULUAN

1.1. UMUM

Gerakan pramuka sebagai organisasi yang secara aktif merencanakan dan mengadakan kegiatan bagi anggotanya, baik para peserta didik maupun bagi para Pembina Pramuka (anggota dewasa). Segala bentuk kegiatan yang diselenggrakan bagi Gerakan Pramuka diarahkan sebagai alat pendidikan untuk mencapai tujuan, untuk menjadi manusia yang memiliki keyakinan agama yang kuat, berkepribadian, berwatak dan berbudi luhur, memiliki mental yang kuat, cerdas, serta sehat jasmani dan rohani.

Tercapainaya tujuan tersebut merupakan indikator keberhasilan dalam menjalankan dan mengelola sebuah kegiatan yang dijadikan sebagai wadah pembelajaran, mengasah kemampuan, menambah keterampilan dan pengetahuan. Semua hal tersebut diharapkan akan bermanfaat baik bagi diri pribadi maupun orang lain.

Bertitik tolak dari hal tersebut, Dewan Saka bakti Husada cabang kota Kendari tahun 2009 bermaksud mengadakan kegiatan lomba di alam terbuka dengan nama “HUSADA RALLY SAKA BAKTI HUSADA KOTA KENDARI TAHUN 2009.

1.2. DASAR PELAKSANA

  1. Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka.
  2. Keputusan Kwartir nasional Gerakan Pramuka Nomor : 080 tahun 1988 tentang Pola dan mekanisme Pembinaan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega
  3. Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor: 032 tahun 1989 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Satuan Karya Pramuka.
  4. Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor : 053 tahun 1985 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Satuan Karya Pramuka Saka Bakti Husada.
  5. Program kerja Saka Bakti Husada Cabang Kota Kendari tahun 2009

1.3. MAKSUD, TUJUAN, DAN SASARAN.

  1. Adapun maksud diadakannya kegiatan ini yaitu :
  • Pembinaan dan peningkatan mental dan fisik peserta didik,
  • Proses pembelajaran yang terfokuskan pada bidang kesehatan,
  • Peningkatan pengetahuan Pramuka penegak di bidang kepramukaan khususnya di bidang kesehatan,
  • Peningkatan kualitas dan kuantitas Pramuka penegak
  1. Adapun tujuan diadakannya kegiatan ini yaitu :
  • Memotivasi Pramuka penegak agar tetap eksis di dalam kegiatan kepramukaan,
  • Memberi pembelajaran dam pemahaman yang lebih lanjut tentang materi-materi yang berkaitan dengan kesakaan Bakti Husada,
  • Membentuk Pramuka penegak yang mampu menjadi seseorang yang cinta terhadap alam sekitarnya,
  • Membentuk mental dan fisik Pramuka penegak yang Pancasilais,
  • Memberikan pengalaman-pengalaman kepada Pramuka penegak yang dimana mereka dapat jadikan suatu motivasi untuk belajar dan berkreatifitas
  1. Adapun sasaran diadakannya kegiatan ini yaitu :
  • menciptakan generasi muda Pramuka yang peduli lingkungan,
  • menjadikan para Pramuka menjadi kader yang sportifitas,
  • melahirkan kader yang siap memimpin.
  1. 2. PELAKSANAAN KEGIATAN

2.1. PENGERTIAN DAN NAMA

  • Nama Kegiatan ini adalah Husada Rally Saka Bakti Husada Cabang Kota Kendari Tahun 2009.
  • Husada Rally Cabang Kota Kendari adalah merupakan kegiatan lomba yang dilaksanakan di alam terbuka.

2.2. WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN

Kegiatan Husada Rally Saka bakti Husada cabang Kota Kendari Tahun 2009 dilaksanakan pada tanggal 5 April 2009, bertempat di Hutan Lindung Tahura Nipa-nipa Kecamatan Kendari Barat Kota Kendari.

2.3. MOTO

Moto kegiatan ini adalah “ Satyaku Kudarmakan Darmaku Kubaktikan”

2.4. JENIS KEGIATAN

Jenis kegiatan meliputi:

  • Pemanduan
  • Diskusi dan Persentase :

– Krida Bina Bina Lingkungan Sehat (posko 1)

– Krida Bina Gizi (posko 2)

– Krida Bina Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (posko 3)

– Krida Bina Keluarga Sehat (posko 4)

– Krida Bina Penanggulangan Penyakit (posko 5)

– Krida Bina Obat (posko 6)

  • Permainan atau game :

– Jaring laba-laba

– Bola pipi

– Pendekar sekolah ber-PHBS

– Tandu SOS

– Operasi semut

– Pacuan onta

  • Uji Ketahan Fisik dan Mental
  • Penjelajahan atau Outbound (Rute terlampir).

2.5. PESERTA

Peserta kegiatan ini adalah Pramuka Penegak yang merupakan utusan dari Gugus Depan dan Satuan Karya yang berada di Kota Kendari dengan rincian masing-masing Gugus depan dan Satuan Karya mengirim 5 (lima) orang putera dan 5 (lima) orang putri anggotanya dan mendapat mandat dari Gugus depan dan Satuan Karyanya.

2.6. PANITIA (SUSUNAN TERLAMPIR)

Panitia dari kegiatan ini terdiri dari pengurus dan anggota Saka Bakti Husada Kota Kendari yang dianggap mampu dan bertanggung jawab dalam kegiatan ini.

2.7.PERSIAPAN DAN RENCANA KEGIATAN.

Untuk lebih mempersiapkan agar kegiatan ini terlaksana dengan baik maka panitia melakukan koordinasi dengan Dinkes Kota Kendari dan kemudian melakukan koordinasi dengan Kwartir Cabang Kota Kendari. Koordinasi berupa permohonan izin lokasi, pemberitahuan kegiatan juga tetap dilakukan guna mendapatkan dukungan dari berbagai pihak secara formal. Selain itu panitia juga selalu mengadakan rapat-rapat panitia dalam membahas kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan nanti serta mempersiapkan admministrasi-admministrasi kegiatan yang diperlukan. Serta kegiatan pendaftaran peserta dan pelaksanaan technical meeting.

2.8.PELAKSANAAN KEGIATAN.

Kegitan husada rally merupakan kegiatan lomba, sehingga pada pelaksanaannya kami membagi menjadi 7 posko, yaitu 1 posko pelepasan dan 6 posko untuk lomba. Pembagian 6 posko ini dibagi berdasarkan jumlah krida yang ada pada Saka Bakti Husada. Peserta pertama-tama akan diterima di posko pelepasan. Setelah itu panitia yang bertugas pada posko pelepasan akan mendata kembali asal peserta, nama-nama, serta jumlah peserta. Peserta akan diberi petunjuk oleh panitia pelepasan dan dilepas dengan selang waktu per 3-5 menit per regu.

Setelah dari posko pelepasan, peserta selanjutnya akan memasuki posko-posko. Di tiap-tiap posko mulai dari posko 1 hingga posko 6 peserta akan diuji oleh panitia dengan materi lomba serta permainan-permainan. Materi lomba pada tiap-tiap posko berbeda sesuai dengan krida yang ditentukan pada posko tersebut. Peserta akan diminta berdiskusi dengan teman satu timya tentang materi lomba yang diberikan panitia kemudian mempresentasikannya dihadapan panitia. Setelah itu panitia akan menguji peserta dengan permainan yang telah ditentukan dalam poskonya. Panitia akan menilai kebenaran jawaban peserta, kerjasama tim, serta kekompakan.

2.9.KEBERHASILAN DAN HAMBATAN.

Secara umum pelaksanaan kegiatan ini terlaksana dengan baik sesuai dengan pembagian posko yang telah ditentukan sebelumnya berdasarkan hasil rapat panitia sebelumnya. Meski demikian terdapat beberapa hambatan diahadapi baik panitia maupun peserta. Secara teknis hambatan ini terjadi karena terjadi hujan pada saat kegiatan ini dilaksanakan sehingga agak menyulitkan panitia serta peserta kegiatan. Hambatan lainnya adalah karena keterbatasan dana kegiatan sehingga panitia kesulitan menyediakan beberapa perlengkapan yang diperlukan.

2.10. ANGGARAN

Anggaran kegiatan ini adalah berasal dari swadaya panitia dan peserta, serta sumbangan-sumbangan yang bersifat halal dan tidak mengikat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s