Jambore AIDS 2010

Bulan November 2010 lalu SBH Kota Kendari telah mengikuti salah satu kegiatan perkemahan yang dilaksanakan di salah satu kabupaten pemekaran yang masih dalam tahap-tahap pembangunan itu, tidak salah lagi itulah Kolaka Utara. Meski masih termasuk kabupaten baru namun pembangunan yang dilaksanakan di kabupaten Kolaka Utara termasuk sangat cepat. Meski belum selesai namun pembangunan pusat kota sungguh hebat dan sangat artistik dengan nuansa religi yang diperkental dalam pembangunan mesjid besar yang sedang dibangun pada saat itu.

Dalam rangka memperingati Hari AIDS Internasional pada tanggal 1 Desember 2010. Berdasarkan rekomendasi Kwartir Daerah Sulawesi Tenggara, Kwartir Cabang Kolaka Utara bersama Pimpinan Saka Bakti Husada cabang Kolaka Utara mengadakan Perkemahan Jambore AIDS Tingkat Daerah Tahun 2010 yang dilaksanaan pada tanggal 9 – 12 November 2010 di Kolaka Utara. Dalam kegiatan ini direncanakan akan diikuti oleh seluruh Saka Bakti Husada yang berasal dari 12 Kwartir Cabang di Sultra.

Dari namanya kita sudah bisa menebak bahwa kegiatan ini pasti ada hubungannya dengan apa yang biasa disebut sebagai HIV/AIDS. Lantas apa maksud dilaksanakan kegiatan ini, mengingat perkemahan dengan tema seperti itu masih baru dalam kegiatan kepramukaan terutama untuk Sulawesi Tenggara ?. Seperti yang kita ketahui bahwa 25 tahun lalu HIV dan AIDS sama sekali belum dikenal luas oleh masyarakat, namun saat ini telah menjadi hal yang memprihatinkan bahkan mengancam kelangsungan hidup seseorang. Hal ini disebabkan karena penyebarannya yang sangat cepat dan melanda hampir seluruh Negara di dunia. Tidak terkecuali wilayah Sulawesi Tenggara, hal ini harus mendapat perhatian serius dari semua pihak.

Indonesia merupakan wilayah yang penyebarannya paling cepat untuk wilayah Asia. menurut data kasus ini paling banyak dijumpai pada Penasun (Pengguna Narkoba Suntik), dan Pekerja Seks Komersial (PSK). Selain itu, dari hasil survey pada tahun 2004 kasus AIDS ditemukan terjadi di 16 Provinsi, tahun 2007 ditemukan di 32 Provinsi. Hingga 30 Juni 2009, kasus AIDS telah ditemui sebanyak 17.699 orang dari 32 provinsi dan 300 kab/kota. Jumlah yang banyak, namun sebenarnya masih jauh dari jumlah sebenarnya mengingat kasus AIDS memiliki kemiripan dengan fenomena “Gunung Es”, dan tentu masih akan mengalami pertambahan dimasa yang akan datang.

Mengingat pentingnya hal tersebut, maka Gerakan Pramuka sebagai wadah pembinaan generasi muda melalui Satuan Karya Pramuka Bakti Husada, berdasarkan rekomendasi Kwartir Daerah Sulawesi Tenggara mengadakan kegiatan kepramukaan dalam bentuk Perkemahan untuk membina dan mendidik generasi muda penerus bangsa yang sehat, juga sebagai perpanjangan tangan pemerintah dalam melaksanakan pembangunan masyarakat yang sehat.

SBH Kota Kendari sendiri sebagai wujud kepedulian dan partisipasi akan kegiatan tersebut, juga turut serta sebagai peserta dalam perkemahan tersebut. Dari SBH Kota Kendari sendiri mengirim 1 kontingen putra dab 1 kontingen putri untuk mengikuti perkemahan tersebut. Semua utusan SBH Kota Kendari berasal dari Gugus Depan yang berbeda-beda di bawah lingkup Kwartir Cabang Kota Kendari.

Secara umum item kegiatan dalam perkemahan ini adalah kegiatan keterampilan, wawasan, prestasi, petualangan, kegiatan bakti, seni, dan wisata. Foto-foto Kegiatannya dapat anda lihat pada album kami di Facebook

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s